Kamis, 03 Januari 2013

Keunggulan Iphone Dengan Yang Lainnya

Keunggulan iPhone, dibanding yang lainnya:
Desain. iPhone memiliki desain yang simpel, tidak dimakan waktu (setidak-tidaknya modelnya bisa bertahan lama). Smartphone seperti Samsung, LG atau Motorola yang menggunakan Android OS umumnya memiliki model yang tidak terlalu menarik. Meskipun demikian ada beberapa model yang bagus, desainnya modern, stylish dan eye catching. Nokia Lumia yang merupakan Windows Phone beberapa serinya sepertinya memiliki desain yang menarik.
User Interface. User interface berkaitan dengan tampilan, menu, membuka dan menjalankan aplikasi termasuk respon dan lag sebagai pengalaman yang dirasakan oleh user saat digunakan. Memiliki beberapa smarphone dengan OS dan merk yang berbeda mungkin akan membuat kita bisa membedakan satu dengan yang lain bagaimana user interface-nya. Sepertinya respon dan lag yang ada di iPhone sedikit lebih baik dibandingkan kompetitornya. Di iPhone terasa lebih smooth dengan lag yang minimalis. Membuka Facebook feed atau Twitter timeline lebih responsif dan smooth. Windows Phone dan Android (apalagi BlackBerry) belum bisa memberikan pengalaman yang sama dengan iPhone. Galaxy Nexus yang banyak dibicarakan orang sepertinya memiliki beberapa masalah. Pernah disebutkan oleh blog gadget terkenal kalau Galaxy Nexus masih belum se-smooth dari yang diharapkan. Belum kita masukkan fitur multi-touch screen dan rotation yang lag, tak seresponsif iPhone.
Saat ini Apple berusaha memperbaiki masalah lag terutama pada Android Ice Cream Sandwich-nya, meski demikian perbaikan ini tidak akan bisa dinikmati semua handset Android yang ada di pasaran.
Pilihan model. Apple hanya mengeluarkan satu model, berbeda dengan Android. Motorola dan Sony Ericsson tahun lalu mengeluarkan enam seri atau model sedangkan HTC empat dan Samsung totalnya mengeluarkan 12 model. Hal ini tentu sedikit membingungkan dalam memilih selain kenyataan bahwa kualitasnya sangat beragam, termasuk fitur-fitur ponsel yang ber-OS Android. Bagi konsumen yang brand oriented dan price oriented (dana terbatas) tentu ini ada bagusnya.
Bandingkan dengan iPhone yang tersedia hanya satu model pada satu waktu, dirilis tiap 12 bulan atau mendekati itu dengan satu OS update yang sama (atau paling tidak OSnya tidak terlalu beragam, tergantung kompatibel iPhone lama dengan iOS baru). Hal ini mungkin membuat kita memiliki sedikit pilihan akan tetapi menjadikan iPhone sebagai produk dengan kualitas pembuatan terbaik, integrasi software-hardware dan sistem support terbaik yang tidak dimiliki kompetitornya.
Kompatibilitas terbaik bisa dikatakan hanya dimiliki iPhone karena device iPhone yang lama masih bisa di-upgrade ke OS yang baru. Dan ini bisa dilakukan tanpa membayar alias gratis dan tanpa mengganti device iPhone ke yang baru. Dengan hanya satu model handset, memungkinkan Apple secara mudah mengontrol peluncuran OS baru.
Dengan menggunakan Android, kita mungkin sulit untuk mengupdate OS dengan yang terbaru karena banyaknya set-up hardware di tiap merk dan model/seri. Apalagi kita tahu pembuat ponsel (Samsung, Motorola, LG, dll) tidak memiliki kontrol penuh terhadap core OS-nya. So, bila ada OS Android terbaru yang muncul sedangkan kita masih menggunakan device lama, untuk menggunakan OS baru itu mau tidak mau harus mengganti/membeli device baru.
Selain hal di atas, terdapat problem yang berkaitan dengan peluncuran OS. Ponsel Android biasanya mengusung interface yang bisa dikustomisasi. Interface ini menjadikan beberapa handset Android seperti Motorola MotoBlur, Samsung TouchWiz dan HTC Sense mengalami update-an yang agak lama karena butuh waktu lebih bagi developer untuk menyesuaikan dengan device masing-masing.
Interface yang kelihatannya menawarkan fitur lebih (dibandingkan iPhone) sebenarnya akan memicu masalah baru. Handset akan menjadi lebih lambat dan kurang berespon sedangkan kita tidak bisa men-disable-nya sekiranya kita tidak butuh-butuh amat dengan fitur itu. iPhone hadir dengan user interface yang universal sehingga mencegah timbulnya masalah ini.
Malware. Pengguna Android mesti berhati-hati dengan malware. Telah dideteksi (berdasarkan laporan McAfee) malware di Android Market yang semakin meningkat. Pengguna Android bisa menanyakan ke pengguna iPhone apakah pernah mengalami masalah ini. Sepanjang tidak dijailbreak, tidak akan ditemukan malware di iPhone.
Ulasan di atas hanyalah beberapa yang bisa saya sebutkan, ini hanya opini personal yang bisa menjadi rekomendasikan kenapa memilih iPhone dibandingkan yang lain.
Kira-kira pendapat kamu seperti apa, setuju dengan hal di atas? Bila punya hal lain yang bisa kamu sebutkan terkait keunggulan iPhone ataupun kekurangannya termasuk keunggulan Android atau Windows Phone dibandingkan iPhone akan sangat saya hargai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar