Kamis, 03 Januari 2013

Google Dituduh Blokir Youtube di Windows Phone

Google Dituduh Blokir Youtube di Windows Phone
Microsoft menyatakan Google telah memblokir seluruh fitur penuh aplikasi Youtube pada Windows Phone. Pernyataan tersebut keluar dari Wakil Presiden dan Deputi Jendral Penasihat Microsoft, Dave Heiner lewat blog resminya pada Rabu, 2 Januari 2013

Sejak dua tahun lalu, Microsoft selalu mendukung langkah Komisi Perdagangan Bebas Amerika Serikat dan Komisi Ekonomi Eropa terhadap Google. Microsoft memuji dua lembaga tersebut yang telah membuka investigasi tentang dugaan praktik monopoli oleh Google. "Kami percaya, seperti yang kita ketahui, bahwa kompetisi di masa depan tentang mesin pencari dan iklan di dunia maya sedang dipertaruhkan dalam investigasi ini," ujar Heiner.

Akan tetapi, Heiner melanjutkan, memasuki tahun 2013, ternyata masih banyak masalah yang mengganjal. "Kami terus dirundung masalah yang kami harap segera bisa diselesaikan, Google tetap melarang Microsoft menawarkan kepada pelanggan paket penuh fitur aplikasi Youtube di Windows Phone," kata dia.

Keluhan tersebut sudah didengungkan selama dua tahun kepada Komisi Ekonomi Eropa. Begitu juga dengan Komisi Perdagangan Bebas Amerika Serikat. "Mereka sedang menyelidiki kesalahan Google ini, seperti yang saya tulis, pembatasan ini hanyalah satu contoh, dimana kami percaya Google sedang menghambat kompetisi di pasar," ujar Heiner.

Klaim Microsoft ini dianggap aneh. Pasalnya sudah ada paket fitur penuh Youtube untuk produk Microsoft, Xbox. Fitur tersebut dirilis pada Agustus 2012 oleh Youtube dan Google. Applikasi Xbox adalah bagian dari strategi platform baru Youtube untuk lebih bisa mengendalikan pengalaman pengguna dan iklan. Pertanyaannya kemudian apakah Youtube ingin masuk ke Windows Phone.

Ini memunculkan dugaan Youtube tak memasukkan Windows Phone sebagai prioritas karena pasarnya yang masih kecil. Microsoft mengaku sudah menyadari masalah ini. Lalu Google pun segera merespon keluhan Microsoft.

"Berlawanan dengan klaim Microsoft, sangat mudah bagi pelanggan menikmati video Youtube di Windows Phone," kata Heiner. "Pemilik telepon pintar berbasis Windows bisa mengakses semua fitur Youtube melalui situs mobile berbasis HTML5. Di dalamnya sudah tersedia video berkualitas tinggi, pencarian video favorit, melihat rating video, dan pencarian kategori video. Kami sudah bekerja sama dengan Microsoft untuk beberapa tahun untuk membangun pengamalan yang menyenangkan bagi pengguna dalam menikmati Youtube lewat Windows Phone."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar