Kamis, 03 Januari 2013

Jailbreak iphone ?????

Postingan ini adalah panduan awal untuk Jailbreaking. Seiring dengan berkembangnya informasi dan banyaknya pertanyaan tentang segala sesuatu yang berkaitan jailbreak, maka saya merasa perlunya membuat postingan ini sebagai dasar ilmu untuk ngutak ngatio iOS = Operating System pada iPhone/iPad.
Jika kalian sudah tahu banyak tentang jailbreaking dan anda hanya mencari panduan serta tutorial, silahkan lanjutkan bacaan anda di postingan lainnya, namun anda juga bisa memberikan komentar pada tulisan ini, karena mungkin saja ada kesalahan definisi atau penjelasan pada postingan ini yang kami rasa masih jauh dari kesempurnaan,namun jika anda baru untuk jailbreaking dan ingin mempelajari lebih lanjut, kami sarankan anda menghabiskan beberapa menit serta membaca lebih lanjut tentang proses yang kami jelaskan dengan cara sederhana.  Mohon di maafkan jika ada yang kurang dan kurang tepat saat anda membacanya karena beberapa isi dari blog ini ada juga yang di sadur dari blog lain di website lain.
Jailbreak itu apa sih?
Jailbreak atau Jailbreaking, adalah proses menghilangkan batasan yang diberlakukan oleh Apple pada perangkat yg diproduksinya,seperti:iPhone, iPod Touch, iPad dan Apple TV.  Jailbreaking akan membuat kita bisa mengakses penuh ke sistem operasinya, sehingga kita bisa mendownload berbagai applikasi, baik yang bajakan ataupun yang orisinil.
Jailbreaking juga menambahkan installer aplikasi tidak resmi ke perangkat IOS Anda, seperti Cydia, yang memungkinkan Anda men-download banyak pihak ke-3 aplikasi, tweak, dan ekstensi yang tidak tersedia melalui App Store. Paket-paket ini membuka kemungkinan tak terbatas untuk melakukan hal-hal pada perangkat IOS anda dimana perangkat non-Jailbroken IOS tidak akan pernah mampu melakukannya. Tapi bukan itu saja..! Jailbreak buka cuma untuk download applikasi bajakan, tapi juga bisa mengaktifkan serangkaian fitur yang sebelumnya dikunci oleh Apple, seperti: Animasi, Merubah Tema, Merubah Suara, bahkan merubah pengaturan standard seperti tulisan signal bisa diganti dengan nama kamu sendiri. Asyik kan..?
Jailbreaking adalah tentang MEMBEBASKAN perangkat iOS dari batasan yang diberikan oleh Apple untuk MENG-IZIN-KAN Anda menginstal apapun yang anda inginkan dan butuhkan tentunya.
Apa Manfaat dari Jailbreaking?
Alasan utama mengapa kita ingin melakukan jailbreak ialah agar iDevice yang kita miliki memiliki kemampuan untuk menginstal aplikasi pihak ketiga dan tweaks dimana Apple tidak memperbolehkannya atau tidak tersedia di App Store. Ada banyak aplikasi yang tidak memenuhi standar Apple dan melakukan hal-hal yang Apple tidak ingin anda lakukan pada perangkat iOS dengan alasan-alasan tertentu yang mereka sudah tentukan.
Sebagai contoh, Apple tidak memungkinkan anda untuk memodifikasi iPhone dengan mengubah ikon dari aplikasi atau user interface utama perangkat anda. Berkat komunitas jailbreak-ers, ada beberapa cara untuk benar-benar mengubah tampilan pada iPhone anda, Winterboard menjadi menjadi tweak paling populer untuk contoh yang kami berikan ini.  Selain aplikasi, jailbreaking juga memberikan Anda akses ke tweak, mods, dan ekstensi, itu semua tidak sepenuhnya dianggap sebagai aplikasi, mereka hanya sebuah cara untuk membawa perbaikan halus bagi perangkat iOS beroperasi. Misalnya, Lima Ikon Switcher adalah tweak yang memungkinkan anda memiliki 5 ikon di bagian bawah (dock) iPhone anda, dimana standard nya adalah hanya 4 applikasi.
Banyak juga orang melakukan jailbreak pada perangkat iOS mereka hanya untuk melakukan “Unlock” agar iPhone mereka bisa digunakan di berbagai Jaringan Operator Seluler. Bila Anda ingin mengatahui cara Unlock iPhone, nanti akan kami bahas di topik blog yang berbeda.
Apakah Jailbreaking Hukum?
Jailbreaking benar-benar legal, setidaknya di Amerika Serikat.  Memang beberapa waktu lalu jailbreaking dianggap ilegal oleh pemerintah AS berdasarkan litigasi dan isu mengenai Hak Cipta. Pada bulan Juli tahun 2010, pemerintah AS mengeluarkan aturan yang me-legalkan praktek jailbreak ini .
Tidak ada yang perlu dikhawatirkan. meskipun kita tinggal di Indonesia sekalipun, sangat kecil kemungkinan anda akan di tuntuk karena melakukan jailbreak pada perangkat iOS anda, dan itu bahkan sama sekali belum pernah terjadi.  Seluruh dunia yang mempunyai perangkat iOS sudah melakukan jailbreak sejak tahun 2007, jadi tenang saja…
Apakah Jailbreak Menghilangkan Garansi?
Pernah denger kalo perangkat kamu di jailbreak itu akan menggugurkan garansi, menurut saya sih tidak, karena melakukan jailbreak kan tidak melakukan apa-apa di sisi Hardware, hanya senatas Software saja, jadi tinggal di kembalikan saja ke pengaturan awal seperti saat keluar dari dos, selesai deh! bahkan di Amerika sendiri, aktivitas jailbreaking terbilang legal secara hukum, karena logikanya Apple kan perusahan pembuat device bukan pembuat software. Jadi sekali lagi kalo mau claim garansi tinggal dengan mudah dibalik hingga kembali ke kondisi asal melalui iTunes.
Sangat Pasti anda akan ditolak kalo anda membawa iPhone atau perangkat iOS lain dalam keadaan sudah di jailbreak ke Apple Store dan meminta garansi.  Cara yang paling benar adalah anda mengembalikan perangkat iOS anda ke Pengaturan Awal sesuai dengan keadaan saat anda membeli perangkat tersebut pertama kali.  jika perangkat anda udah di Restore kemabli, maka perangkat anda tidak lagi dalam keadaan jailbreak, percayalah, Apple Store manapun tidak akan pernah tau bahwa perangkat anda pernah di jailbreak sebelumnya atau tidak jika anda sudah mengembalikannya ke pengaturan awal/restore.
Apa Masih Bisa Gunakan iTunes dan App Store Setelah Jailbreak?
Memang banyak orang bertanya mengenai pertanyaan ini.. maka kami jawab Ya..!! anda tetap dapat menggunakan iTunes dan App Store setelah anda melakukan jailbreak pada perangkat anda. Faktanya, tidak ada yang benar-benar akan berubah, satu-satunya perubahan penting pada perangkat iOS anda setelah jailbreaking adalah anda akan memiliki aplikasi baru yang diinstal pada perangkat iOS anda yang disebut Cydia.
Apa itu Cydia?
Secara Singkat, Cydia adalah sebuah aplikasi dimana anda bisa menelusuri aplikasi, tweak, dan mods. Sama seperti App Store, Anda dapat mendownload dan menginstal aplikasi di Cydia dengan sangat mudah. kebanyakan aplikasi dan tweak di Cydia adalah gratis, tetapi tidak jarang aplikasi jailbreak untuk menjual beberapa dolar saja.  aplikasi, tweak, dan mods yang ada di cydia berasal dari para developer-developer atau hacker yang membuat aplikasi tersebut.
Apakah Jailbreaking Mudah? Berbayarkah?
Sekarang ini, jailbreaking sangat mudah. Biasanya,anda hanya perlu men-download sebuah software,sambungkan perangkat IOS ke dalam komputer Anda, dan jalankan software nya, tidak ada pengetahuan atau keterampilan khusus yang dibutuhkan, hanya harus mempunyai referensi dari apa yang ada didalam aplikasi jailbreak tersebut.
Anda akan menemukan beberapa tutorial yang sangat berguna tentang cara jailbreak di bagian lain dari blog ini. Jika anda tidak merasa benar-benar nyaman melakukan jailbreak di perangkat iOS anda, pastikan untuk melihat-lihat postingan lain di blog ini nantinya, anda akan dipandu melalui proses dengan langkah-demi-langkah serta ilustrasi.
Melakukan jailbreak umumnya tidak perlu membayar apa-apa… namun di beberapa kasus dan lokasi, jika anda melakukan jailbreak di pusat layanan/toko/orang yang menyediakan jasa jailbreak dengan membeikan tambahan ilmu serta applikasi serta referensi yang didapatkan secara profesional, maka ada juga yang meminta upah dari jasa profesionalnya tersebut, tapi pastikan anda sudah melakukan persetujuan awal bersama untuk menghindari tanggung jawab saat terjadi sesuatu pada saat jailbreak (meski sebelumnya tak pernah terjadi apa-apa)
Apakah Ada Berbagai Tipe Jailbreak?
kami tidak akan menguraikannya dengan detail disini, tapi hanya akan memberikan daftar dari tipe jailbreak yang ada, yaitu: Tethered jailbreak, Untethered Jailbreak, Semi-Tethered Jailbreak.Adapun definisi dan perbedaannya akan kami uraikan nanti di postingan kami selanjutnya.
Tidak ada yang perlu dikhawatirkan. meskipun kita tinggal di Indonesia sekalipun, sangat kecil kemungkinan anda akan di tuntut karena melakukan jailbreak pada perangkat iOS anda, dan itu bahkan sama sekali belum pernah terjadi.  Seluruh dunia yang mempunyai perangkat iOS sudah melakukan jailbreak sejak tahun 2007, jadi tenang saja…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar